GD

Jumlah Rakaat Shalat Tarawih Menurut Empat Madzhab

Sumber yang dicantumkan: http://halawataliman.blogspot.co.id/2018/05/jumlah-rakaat-shalat-tarawih-menurut.html?m=1

 

A. Madzhab Hanafi

As-Sarakhsi (w. 483 H) salah seorang ulama dari kalangan madzhab Hanafi menyebutkan di dalam kitabnya Al-Mabsuth sebagai berikut:

فَإِنَّهَا عِشْرُونَ رَكْعَةً سِوَى الْوِتْرِ عِنْدِنَا

“Dan shalat tarawih itu 20 rakaat di luar witir menurut pendapat kami. ” (Lihat: As-Sarakhsi, Al-Mabsuth, jilid 2 hal. 144)

Al-Kasani (w. 587 H) yang juga merupakan salah seorang ulama madzhab Hanafi menuliskan di dalam kitabnya, Badai’ Ash-Shana’i’ fi Tartib Asy-Syarai’ sebagai berikut:

وَأَمَّا قَدْرُهَا فَعِشْرُونَ رَكْعَةً فِي عَشْرِ تَسْلِيمَاتٍ فِي خَمْسِ تَرْوِيحَاتٍ كُلُّ تَسْلِيمَتَيْنِ تَرْوِيحَةٌ وَهَذَا قَوْلُ عَامَّةِ الْعُلَمَاءِ

“Adapun jumlahnya 20 rakaat dengan 10 salam dan 5 kali istirahat. Tiap dua kali salam ada istirahat. Demikian pendapat kebanyakan ulama.”(Lihat: Al-Kasani, Badai’us-shana’i’ fi Tartib Asy-Syarai’, jilid 1 hal. 288)

Ibnu Abdin (w. 1252 H) yang juga merupakan salah satu ulama madzhab Hanafi mengatakan di dalam kitabnya, Raddul Muhtar ‘ala Ad-Dur al-Mukhtar, bahwa shalat tarawih 20 rakaat adalah amalan yang dikerjakan oleh seluruh umat baik di Barat maupun di Timur.

قَوْلُهُ وَهِيَ عِشْرُونَ رَكْعَةً هُوَ قَوْلُ الْجُمْهُورِ وَعَلَيْهِ عَمَلُ النَّاسِ شَرْقًا وَغَرْبًا

“Dan tarawih itu 20 rakaat adalah pendapat jumhur dan itulah yang diamalkan orang-orang baik di Timur ataupun di Barat.” (Lihat: Ibnu Abdin, Raddul Muhtar ‘ala Ad-Dur al-Mukhtar jilid 1 hal. 474)

B. Madzhab Maliki

Madzhab Maliki pada umumnya menyebutkan bahwa jumlah rakaat shalat tarawih adalah 20 rakaat. Selain itu juga ada pendapat yang menyebutkan 36 rakaat.

Ad-Dardir (w. 1201 H) yang merupakan salah seorang ulama di dalam madzhab Maliki dalam kitabnya, Asy-Syarhu ash-Shaghir, menuliskan sebagai berikut:

والتراويح برمضان وهي عشرون ركعة بعد صلاة العشاء يسلم من كل ركعتين

“Dan shalat tarawih di Ramadhan 20 rakaat setelah shalat Isya’, dengan salam tiap dua rakaat.” (Lihat: Ad-Dardir, Asy-Syarhu Ash-Shaghir, jilid 1 hal. 404)

An-Nafarawi (w. 1126 H) yang juga ulama madzhab Maliki menuliskan dalam kitabnya, Al-Fawakih Ad-Dawani ala Risalati Ibni Abi Zaid al-Qairuwani sebagai berikut:

وكان السلف الصالح) وهم الصحابة رضى الله عنهم (يقومون فيه) في زمن خلافة عمر بن الخطاب رضى الله عنه وبأمره كما تقدم (في المساجد بعشرين ركع ) وهو اختيار أبي حنيفة والشافعي وأحمد، والعمل عليه الآن في سائر الأمصار

“Para salafus-shalih yaitu para shahabat radhiyallahu’anhum menjalankan pada masa Khilafah Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu atas perintahnya di dalam masjid sebanyak 20 rakaat. Dan itulah pilihan Abu Hanifah, Asy-Syafi’i dan Ahmad, serta yang dijalankan sekarang di seluruh dunia.” (An-Nafarawi, Al-Fawakih Ad-Dawani ala Risalati Ibni Abi Zaid Al-Qairuwani)

C. Madzhab Syafi’i

Semua ulama madzhab Syafi’i  sepakat menyebutkan bahwa shalat tarawih itu 20 rakaat.

Al-Mawardi (w. 450 H) salah seorang ulama terdahulu dari madzhab Syafi’i menuliskan di dalam kitabnya, Al-Hawi al-Kabir fi Fiqhi mazhabi al-Imam Asy-Syafi’i sebagai berikut:

فالذي أختار عشرون ركعةً خمس ترويحات كل ترويحة شفعين كل شفع ركعتين بسلام ثمّ يوتر بثلاث؛ لأنّ عمر بن الخطّاب رضي اللّه عنه جمع النّاس على أبيّ بن كعب فكان يصلّي بهم عشرين ركعةً جرى به العمل وعليه النّاس بمكّة

“Yang saya pilih 20 rakaat dengan 5 kali istirahat. Setiap sekali istirahat diselingi 2 kali shalat, tiap satu shalat terdiri dari 2 rakaat dengan satu salam. Kemudian witir tiga rakaat. Karena Umar bin Khattab radhiyallahu’anhu mengumpulkan orang bermakmum kepada Ubay bin Ka’ab, dan Ubay mengimami dengan 20 rakaat. Dan itulah yang selalu dilakukan dan yang dilaksanakan orang-orang di Mekkah.” (Lihat: Al-Mawardi, Al-Hawi al-Kabir fi Fiqhi mazhabi Al-Imam Asy-Syafi’i, jilid 2 hal. 291)

An-Nawawi (w. 676 H) salah satu muhaqqiqdalam madzhab Syafi’i menuliskan di dalam kitabnya, Al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab,sebagai berikut:

فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء ومذهبنا أنها عشرون ركعة فصلاة التراويح سنة بإجماع العلماء ومذهبنا أنها عشرون ركعة بعشر تسليماتٍ

“Shalat tarawih hukumnya sunnah dengan ijma’ ulama. Dan menurut madzhab kami jumlahnya 20 rakaat dengan 10 kali salam.” (Lihat: An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzdzab, jilid 4 hal. 31)

Zakaria Al-Anshari (w. 926 H) salah seorang ulama besar dalam madzhab Syafi’i menuliskan di dalam kitabnya, Asna al-Mathalib fi Syarhi Raudhati Ath-Thalib sebagai berikut:

وهي عشرُون ركعة بعشر تسليمات في كلّ ليلة من رمضان

“Dan (tarawih) itu 20 rakaat dengan 10 salam dilakukan tiap malam bulan Ramadhan.” (Zakaria Al-Anshari, Asna Al-Mathalib fi Syarhi Raudhati Ath-Thalib, jilid 1 hal. 200)

D. Madzhab Hanbali

Al-Khiraqi (w. 334 H) menuliskan dalam kitab Matan al-Khiraqi ‘ala Mazhabi Abi Abdillah Ahmad bin Hanbal asy-Syaibani atau yang lebih dikenal dengan nama Mukhtashar Al-Khiraqi sebagai berikut:

وقيام شهر رمضان عشرون ركعة والله أعلم

“Dan qiyamu Ramadhan 20 rakaat, wallahua’lam.”  (Lihat: Al-Khiraqi, Matan Al-Khiraqi ‘ala Mazhabi Abi Abdillah Ahmad bin Hanbal Asy-Syaibani, jilid 1 hal 29)

Ibnu Qudamah (w. 620 H) menuliskan dalam kitabnya Al-Mughni sebagai berikut:

وقِيامُ شهْرِ رمضان عِشْرُون ركْعة يعْنِي صلاة التراوِيح وهي سنّة مُؤكدة وأولُ منْ سنّها رسُولُ اللهِ

“Dan qiyam bulan Ramadhan 20 rakaat, yaitu shalat tarawih. Hukumnya sunnah muakkadah dan orang yang pertama kali melakukannya adalah Rasulullah SAW.” (Lihat: Ibnu Qudamah, Al-Mughni, jilid 2 hal. 122)

Al-Buhuti (w. 1051 H) sebagai salah seorang dari ulama madzhab Hanbali menuliskan dalam kitabnya, Ar-Raudh Al-Murabba’ Syarah Zad Al-Mustaqni’, sebagai berikut:

والتراويح) سنة مؤكدة سميت بذلك لأنهم يصلون أربع ركعات ويتروحون ساعة أي: يستريحون (عشرون ركعة) لما روى أبو بكر عبد العزيز في الشافي عن ابن عباس: «أن النبي – صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – كان يصلي في شهر رمضان عشرين ركعة» (تفعل) ركعتين ركعتين (في جماعة مع الوتر) بالمسجد أول الليل (بعد العشاء

“Dan tarawih hukumnya sunnah muakkadah, dinamakan tarawih karena mereka beristirahat sejenak tiap 4 rakaat. Jumlah 20 rakaat sebagaimana riwayat Abu Bakar Abdul Aziz di dalam Asy-Syafi dari Ibni Abbas bahwa Nabi SAW shalat di bulan Ramadhan 20 rakaat. Dikerjakan dua rakaat dua rakaat dengan berjamaah ditambah witir di masjid pada awal malam setelah shalat Isya’.” (Lihat: Al-Buhuti, Ar-Raudh Al-Murabba’ Syarah Zad Al-Mustaqni’, jilid 1 hal. 115)

E. Tarawih di Masjidil Haram dan Masjid Nabawi

Menyimak pendapat madzhab Hanbali yang juga menetapkan 20 rakaat untuk tarawih, maka wajar kalau kita mendapati baik di Masjid al-Haram di Mekkah ataupun Masjid an-Nabawi di Madinah al-Munawwarah sampai kini masih menerapkan shalat tarawih dengan 20 rakaat, sebagaimana disaksikan dan dikerjakan oleh semua jamaah umrah Ramadhan secara langsung.

Yang menarik bahwa pendiri perserikatan Muhammadiyah, KH Ahmad Dahlan, semasa hidup beliau juga melakukan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat, sebagaimana disebutkan oleh Prof. Dr. Ali Mustafa Ya’qub, MA. Hadhratus Syeikh KH. M. Hasyim Asy’ari pendiri Jam’iyah Nahdhatul Ulama, juga melaksanakan shalat tarawih sebanyak 20 rakaat di masa hidupnya.

والله أعلم